KARYA NIRMANA 2D✨


        Beberapa waktu lalu, disemester satu lalu kelas kami sedang melaksanakan praktikum dikelas nih salah satunya adalah membuat karya nirmana 2D. Sebenarnya nirmana itu apa sih?? 
 
         Buat yang belum tahu nih kata nirmana sendiri berasal dari dua kata yaitu "nir" yang artinya tidak atau tanpa dan kata sedangkan "mana" yang artinya bentuk atau makna. sehingga nirmana ini merupakan sesuatu yang mulanya tidak memiliki bentuk atau makna, lalu bisa diolah menjadi karya rupa melalui pengolahan unsur unsur rupa berdasarkan asas dan prnsipnya. selain itu juga ada yang mengartika nirmana sebagai hasil imajinasi dalam bentuk karya 3D atau 2D yang memiliki niali keindahan tersendiri.



            Nirmana adalah materi pelajaran yang sangat penting. Sebab, disinilah fondasi seorang anak kreatif dibentuk. Mungkin ketika awal mempelajari nirmana, kamu akan berpikir, “apa sih esensinya belajar membuat warna dan garis kayak gini?”. Tapi, kamu akan sangat merasakan dampaknya saat terjun ke dunia kerja kelak, lho. 

            Mempelajari nirmana membuat kamu lebih paham tentang tata letak elemen-elemen visual seperti titik, garis bidang, warna, dan sebagainya – serta fungsinya dalam menghasilkan suatu karya. . Mempelajari elemen tersebut dapat meningkatkan kesensitifan serta kepekaan kamu terhadap desain. Selain itu, kamu juga akan lebih paham tentang asas seni, mulai dari pencahayaan (gradasi warna), penggunaan bentuk, hingga membuat karya dalam bentuk 3D. 

      Fungsi mempelajari nirmana antara lain melatih kreativitas, memberi inovasi dalam menyusun elemen visual dengan menerapkan asas desain, dan meningkatkan selera seni kamu. Disamping itu, seni yang kamu hasilkan nanti pun akan memiliki nilai estetika yang tinggi.

        Dalam penerpan materi didalam kelas, kita menerapkan karya Nirman 2D atau Nirmana Dwimatra. Nirmana dwimatra adalah unsur rupa dan asas desain yang ditujukan untuk karya yang memiliki dua dimensi. Dwimatra hanya bisa dipandang dari satu arah, bersifat ilusi, mempunyai ukuran panjang dan lebar, serta kedalamannya tidak dapat diraba. Dibawah ini ada beberapa karya Nirmana 2D yang bisa kalian lihat.

 







            Dari beberapa karya kami diatas kami tersebut diterapkan elemen atau unsur unsur seni yaitu garis, bidang, bentuk, titik. sehingga dapat dihasilkan karya yang nilai estetika yang dapat kita dinikmati keindahannya. Dan dengan adanya contoh karya karya tersebut natinya sangat membantu kita dalam menghasilkan karya karya selama pembelajaran disekolah. selain itu juga dapat membuka ide baru yang unik dan tentunya berbeda dengan contoh-contoh karya sebelumnya.  

          Inilah penjelasan singkat tentang karya Nirmana 2D, menarik bukan? Dari sini kita menjadi tahu apa saja sih yangdapat kita pelajari dari maeri pembelajran Nirmana yang sudah dipraktikan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua! 

 

 

Komentar

Posting Komentar